deardian blog personal Dian Ayu Pratiwi.

Minggu, 16 Desember 2018

Kenapa Jadi Blogger? Why!

0 comments

Kenapa Jadi Blogger? Why! - Tentu kita semua tahu blog. Pada masanya blog pernah menjadi media kebanggan untuk orang yang suka menulis. Bahkan menjadi diary online, yup kita menulis hal yang terjadi sehari-hari di blog. Adakah yang pernah seperti itu juga? Hayo ngaku! hehehe. :) 

Memang menyenangkan saat semua rasa dalam dada kita dapat ditumpahkan berupa tulisan. Tulisan yang tampilan tulisannya bisa kita desain semenarik mungkin sesuai dengan selera. Bisa menulis dengan fasilitas aturan tulisan yang sudah disediakan. Intinya nulis di blog gak akan jelak seperti tulisan tangan dibuku diary. Menyenangkannya lagi bisa masukan gambar. Wohoow... It's Cool men.

Sejarah Mengenal Blog

Aku mengenal blog saat SMP. Hanya saja saat itu terkendala keadaan yang tidak memungkinkan untuk punya akun blog. Pada tahun 2007 aku sangat suka baca blog-blog alay, yang berisi tentang kehidupan harian mereka. Hehehe.  Kendala yang aku alami adalah tinggal di kecamatan yang sinyal internet hanya untuk hp, belum punya laptop, dan jika punya laptop pun tidak bisa akses ke jaringan internet. 

Lalu jarak antara kampung dan kota yang jauh, memerlukan izin orangtua. Sayangnya saat itu aku belum di izinkan ke kota seorang diri. Capek juga sih, karena jalannya berlumpur dan berbatu besar-besar. Siapa yang akan tahan pulang-pergi ke kota untuk nulis blog?

Hingga pada akhirnya aku kuliah di Ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Aku bikin akun blog baru. sebetulnya saat SMA aku sudah puna akun blog. Karena jarang dibuka dan aku lupa pasword email, sehingga akun tersebut tidak bisa dibuka lagi. Nah, pada tahun 2014 inilah aku memulai diary online di blog dengan kisah-kisah yang meracau seputar dunia perkuliahan.

Pada tahun 2015 aku kelupaan sandi email, dan handphone yang nomornya terdaftar di email hilang se-hp-hpnya. Fix aku bikin akun email baru. Aku sedih gak bisa ngeblog lagi. Di awal tahun 2016 aku bikin akun blog baru. Namun pada awal tahun 2017, tepatnya bulan maret aku baru mulai mengisi blog aku dengan tulisan bergendre fiksi. Sekitar setahun yang lalu aku direkomendasikan gabung di Komunitas Blogger Pontianak. 

Berada di Komunitas Blogger Pontianak inilah aku tersadar, perlu beli domain. Selanjutnya Komunitas Blogger Pontianak yang akan di singkat menjadi KBP ini sangat memberikan aku pencerahan mengenai dunia blogging. Walau gak semua hal tentang blogging. Namun yang pasti, KBP merubah tahun 2018 yang menyebalkan menjadi titik balik kehidupan aku yang lebih baru dan seru.

7 Alasan Menjadi Blogger

Berikut adalah beberapa alasan kenapa menjadi seorang blogger:

1. Tidak Bisa Berhenti Menulis
Menjelang berada di semester tua kuliah, aku mikir keras hal apa yang dapat aku kembangkan sebelum aku wisuda dan pulang kampung ke Kabupaten Sintang. Beberapa hal sudah aku coba jalani, seperti mengikuti kelas menulis berbayar yang kemudian melahirkan buku pertamaku berjudul Remaja Keren. Sebuah buku motivasi muslim untuk remaja, pemuda, orangtua dan semua orang yang berkeinginan memiliki anak. 

Aku pernah mencoba kelas handlettering, watercolur, menjahit, jualan gamis online, hingga ikut kelas Akademi Digital yang di dalamnya mempelajari Desain grafis, Web Developmen (ngoding) dan Digital Market. Semua itu berakhir tanpa bekas, artinya aku gagal dalam semua bidang diatas. Setelah selesai aku tidak menghasilkan apa-apa.

Dari semua itu aku tersadar suatu hal, bahwa hanya kelas menulis yang berhasi menghasilkan buku ketika aku berhenti dari kelas itu. Bahwa aku juga hampir setiap hari menuliskan apa yang sedang aku pikirkan di Facebook dan Instagram. Aku merasa ini adalah sebuah pertanda baik. Ya. Ketika aku dalam keadaan tertekan, sedih atau jengah. Aku tidak bisa berhenti menulis, inilah modalku. ;) 

2. Suka Berpikir
Jika ada yang bertanya "Apa yang sedang Dian pikirkan?" Maka aku selalu mempunyai jawaban yang berbeda tiap momentnya. Kenapa momen? Kadang satu tema atau masalah bisa aku pikirkan  berhari-hari. Aku berpikir tentang segala hal positif, terutama yang dapat memberikan dampak positif kepada manusia. 

Utamanya aku suka berpikir tentang pengaruh  hubungan religi terhadap  kejiwaan manusia. Selain itu aku suka memperhatikan orang di lingkunganku. Misalnya memperhatikan masalah yang mereka hadapi, lalu berpikir mencari solusi dari msalah tersebut. 

3. Suka Baca Buku
Satu paket dengan tiga alasan diatas, membaca buku merupakan salah satu cara aku belajar dan mencari solusi dari masalah atau fenomena yang aku temukan di lingkungan sekitarku. Tentu kita tahu semakin banyak membaca semakin banyak kita menyerap informasi, dan semakin banyak informasi yang dapat kita bagikan. Waktu kelas tiga SD aku mulai tertarik membaca buku, kala  itu buku pengetahuan umum, informasi tentang dunia. Seiring waktu semakin bertambah kuat kecintaan membaca. Sekarang, aku membaca karena kebutuhan. Aku butuh membaca sesuatu.

Kadang aku hanya baca buku yang aku suka, kadang yang aku butuhkan dan kadang yang membuatku penasaran baik penulis atau isi bukunya. Tapi aku tidak pernah membca buku yang aku tidak suka. Kalau pun aku baca buku yang tiidak aku suka, itu karena aku butuh buku itu.

4. Berbagi Informasi
Menulis menjadi jalan pilihan untuk dapat meninggalkan jejak kehidupanku sebagai sejarah. Aku ingin memberi manfaat melalui tulisan. Sehingga orang yang tidak tahu tentang sesuatu menjadi tahu, kemudian merasa mendapatkan sesuatu dari tulisan yang aku buat. Syukur-syukur pembaca dapat menemukan solusi. Dengan berbagi informasi harapannya dapat menjadi ladang amal. aamiin.

5. I Love Money
Aku suka uang dan aku ingin dapat menghasilkan uang. Hampir seluruh rezeki yang tidak terduga selama 4 tahun hidup di Kota Pontianak datang melalui wasilah menulis. Entah itu dari Komunitas Blogger, kenalan di KBP, undangan bedah buku Remaja Keren, dan masih banyak lainnya. Setelah melihat dunia blogging lebih dalam dan mengenal beberapa blogger yang telah sukses, tentu aku juga berkeinginan menghasilkan uang melalui wasilah ngeblog seperti mereka. 

Masa kamu gak kepingin sih?

6. Menyenangkan
Ada banyak hal menyenagkan yang bisa kita dapatkan dari nge-blog. Pertama memiliki banyak kenalan atau relasi. Ini terbukti dari berenam cs di kampus hanya aku yang memiliki pertemanan yang lumayan luas, dan dari berbagai kalagan. Itu aku dapatkan diantaranya melalui wasilah ngeblog. Sampai aku juga bisa sering menyapa salah satu Blogger Surabaya yaitu Mba Kartina Ika Sari di Facebook. Kalau aku gak nge-blog kemungkinan besar aku gak bakal pertemanan aku di Facebook dikonfirmasi beliau deh. Kan?

Kedua menyenangkan untuk terapi jiwa. Yup dengan menulis dapat menenangkan emosi, sebab apa yang kita rasakan dapat kita curahkan. Aku lupa buku apa yang membahas hubungan menulis dengan kejiwaan sebagai salah satu terapi, yang jelas terapi tersebut membantuku dalam mengendalikan emosi dan merasa bahagia. 

Ketiga insyaallah kamu bisa pergi keliling Indonesia, bahkan dunia secara geratis tis tis tis. Dan masih banyak lagi yang sebaiknya patut kamu coba untuk merasakannya sendiri sensasi menyenangkan dari ngeblog.

7. Berkarya
Sepertinya hanya melalui tulisan seperti inilah yang dapat disebut sebagai karya bagiku untuk saat ini. Namun, aku memang memiliki keingin menjadi blogger yang memiliki karya tulis yang dibutuhkan orang banyak dan dapat membantu mereka. Aku ingin berkarya seperti Mark Manson. Ketika pun, bukan uang yang aku dapatkan pada akhirnya. Aku sudah merasa bahagia sebab tulisan itu pernah ada dan dibaca.


Itulah alasan aku kenapa menjadi blogger.  Jika kamu merasakan satu dari ketujuh alasan diatas sepertinya dunia blogging bisa kamu jajal. Semoga kamu terinspirasi memiliki hidup yang lebih bermakna dari tulisan ini. Nah kalau kamu, kenapa ingin jadi blogger? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar